Cara Renovasi Rumah Menjadi Dua Lantai, Bisa Hemat Biaya?

Cara Renovasi Rumah Menjadi Dua Lantai, Bisa Hemat Biaya?

Rumah bisa dibuat menjadi satu lantai atau beberapa lantai disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah. Apakah bisa merenovasi rumah satu yang tadinya hanya satu lantai menjadi dua lantai? Tentu saja bisa. Yuk cari tahu bagaimana cara renovasi rumah menjadi dua lantai pada pembahasan berikut ini.

Alasan Membuat Rumah Dua Lantai

Ada beberapa alasan yang mendorong orang-orang untuk membuat rumah dua lantai. Salah satunya, karena kebutuhan akan banyaknya ruang. Misalnya, terdapat banyak anggota keluarga dan setiap anggota keluarga membutuhkan kamar masing-masing sebagai area privasi.

Lantas tak memungkinkan untuk membuat banyak kamar hanya dengan satu lantai saja. Apalagi jika lahan terbatas dan rumah tidak bisa diperluas.Maka dari itu membuat lantai dua bisa menjadi opsi agar hunian bisa memiliki lebih banyak ruang dan memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Alasan berikutnya karena butuh ruang untuk usaha. Misalnya, lantai satu hendak digunakan sebagai toko, dan pemilik rumah menempati bangunan di lantai atas. Beberapa orang juga melakukan renovasi rumah menjadi dua lantai untuk dibuat kos-kosan. Semakin banyak kamar kos yang dimiliki, semakin besar potensi penghasilan yang akan diperoleh setiap bulannya.

Apapun alasannya, renovasi rumah menjadi dua lantai sangatlah memungkinkan untuk dilakukan. Namun sebelum memulai proyeknya, perhatikan terlebih dahulu beberapa hal penting agar proyek berjalan lancar tanpa kendala berarti di kemudian hari.

Tahap Persiapan Renovasi Rumah Menjadi Dua Lantai

Sebelum mulai proyek renovasi rumah jadi dua lantai, kamu harus melakukan proses pengecekan terlebih dahulu. Tujuannya ialah untuk mengetahui kapasitas ruangan yang bisa dirancang dan dibangun. Setelah melakukan perancangan, nantinya kamu bisa membuat rencana anggaran.

  1. Pertimbangkan untuk Menggunakan Jasa Kontraktor

Perlu diingat, bahwa proyek penambahan lantai dua akan membutuhkan modal yang tak sedikit. Maka dari itu pastikan proses perencanaannya dilakukan dengan cermat agar hasilnya akurat. Sebaiknya gunakan kontraktor jasa renovasi rumah agar dibantu proses perencanaanya dengan perhitungan yang matang. Mengingat proyek renovasi rumah jadi dua lantai merupakan proyek besar, maka menggunakan jasa kontraktor adalah pilihan paling tepat.

  1. Cek Kekuatan Pondasi

Cek kekuatan bangunan rumah mulai dari pondasi, balok dan kolom bangunan. Pihak kontraktor akan membantu mengecek dan memastikan apakah pondasi rumah masih kuat untuk menopang lantai dua di atasnya. Hal ini sangat penting agar bangunan kokoh.

Jika pondasi rumahmu ternyata tidak cukup kuat, kamu harus menambahkan pondasi baru pada pondasi yang sudah ada. Perhatikan juga jenis tanah tempat mendirikan bangunan. Dengan demikian kamu bisa memastikan kedalaman pondasi rumah agar bangunan kian kokoh.

  1. Merancang Tata Ruang

Renovasi rumah menjadi dua lantai memerlukan rancangan dan desain ruang yang baru. Buatlah rancangan ruang berikut sirkulasi udaranya. Sebaiknya tata ruang yang ada di lantai dua sama dengan tata ruang di bawahnya. Dengan demikian beban yang ditanggung tak akan terlalu berat.

Begitu pula dengan sanitasi. Sebaiknya sanitasi dan listrik yang berada di dua ruang tersebut berada di titik yang sama sehingga tak perlu dilakukan perombakan bangunan.

4.Pertimbangkan Lokasi dan Ukuran Tangga

Pemasangan tangga beton juga menjadi hal lainnya yang tak boleh diabaikan. Tangga merupakan sarana untuk mengakses lantai dua. Perhitungkan sirkulasi dan lokasinya. Tentukan juga ukuran dan desainnya, disesuaikan dengan ukuran ruang tempat tangga itu berada.

  1. Sesuaikan Dengan Dana yang Ada

Biaya renovasi rumah tidaklah sedikit. Maka dari itu sesuaikan segala hal dalam proyek kali ini dengan dana yang kamu miliki. Jika kamu merasa kesulitan membuat rancangan dan rencana anggaran, segera hubungi kami pada kontak yang terterauntuk berkonsultasi.Sebagai jasa renovasi rumah Bekasi yang terpercaya, kami akan membantu keseluruhan proses, mulai dari proses persiapan, disesuaikan dengan dana yang anda miliki.

Cara Renovasi Rumah Menjadi Dua Lantai Tanpa Bongkar Total

Setelah proses persiapan renovasi rumah menjadi dua lantai telah selesai dilakukan, kini saatnya untuk melakukan proses eksekusi. Sebagai pemilik rumah, kamu tak perlu mendalami cara melakulan renovasi rumah. Pengerjaan dilakukan oleh tenaga ahli pembangunan properti atau kontraktor.

Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara menambahkan lantai dua tanpa perlu membongkar total. Berikut ini beberapa cara yang patut kamu ketahui.

1.Dengan Cara Penghancuran Atap

Melakukan penghancuran atap merupakan salah satu cara membangun rumah ke arah vertikal tanpa perlu membongkar rumah secara keseluruhan. Atap rumah dihancurkan terlebih dahulu, kemudian lantai baru akan ditambahkan dari awal. Lantai bisa menggunakan konstruksi beton atau kayu, disesuaikan saja dengan dana dan kebutuhan.

2.Mengganti Atap

Selain menanggalkan atap, pemilik rumah juga bisa mempertimbangkan untuk mengganti atap. Potong atap di sekitar tepinga, kemudian angkat atap tersebut. Tambahkan lantai baru dan berilah bingkai agar bangunan tampak semakin estetik.

Jika lantai baru sudah ditambahkan, atap bisa dipasang kembali. Jika dibanding yang pertama, langkah ini dirasa kurang efektif. Namuncara initetap bisa diaplikasikan tergantung situasi dan kondisi.

3.Lakukan Ekspansi dan Perluasan

Untuk menambahkan lantai baru di rumah, kamu juga bisa melakukan ekspansi dan perluasan pada tingkat di bagian atas yang sebelumnya telah dibeton ataupun belum dibeton sama sekali. Misalnya, pada bagian halaman rumah atau bagian atas garasi. Menambahkan lantai secara vertikal ini bisa jadi cara yang tepat untuk menambah ruang tanpa perlu melakukan perombakan.

4. Dengan Metode Desain Modular

Cara berikutnya ialah dengan dengan menggunakan metode desain modular, yaitu dengan melakukan pembangunam lantai yang akan ditambahkan. Jika sudah selesai, selanjutnya akan dilakukan pemasangan di rumah.

Menambahkan lantai dengan metode desain modular banyak dilakukan oleh masyarakat modern karena dinilai lebih cepat dan efektif. Selain itu, cara ini juga dianggap lebih hemat budget. Tertarik mencobanya?

Biaya Renovasi Rumah Jadi Dua Lantai

Jika kamu ingin menambah ruang, menambahkan lantai dua adalah solusi yang tepat apalagi jika kamu sudah tak memiliki lahan. Upaya ini juga dinilai lebih hemat budget karena kamu tak perlu lagi membuat pondasi. Jika pondasi tak cukup kuat untuk menopang dua lantai, kamu bisa menambahkan cakar ayam.

Dengan demikian, apabila tidak dilakukan perombakan total, kamu hanya perlu menambahkan tiang beton untuk memperkokoh dan menyangga bangunan. Jika dimulai dari awal, proses membangun pondasi merupakan proses yang cukup menguras biaya.

Meski menambahkan lantai dua, kamu bisa tetap menghemat budget. Atap yang sebelumnya dibongkar bisa dipasang kembali setelah proses penambahan lantai dua selesai dilakukan

Meski kamu minim pengalaman soal konstruksi, kamu tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa menghemat biaya renovasi rumah dengan menggunakan jasa renovasi rumah .Sebagai ahli konstruksi, kami paham betul bagaimana menyiasatinya.

Segera hubungi kami pada kontak yang tertera dan manfaatkan layanan konsultasi gratis.

 

Terkait

1. Biaya Renovasi Rumah Minimalis

2. Renovasi Rumah Type 36 Jadi Mewah Dan Berkelas

3. 8 Ide Renovasi Rumah Bagian Depan Unik dan Menarik

4. Panduan Renovasi Rumah Modal Terbatas

5. Renovasi Rumah Dua Lantai Hemat Biaya

6. Konsep Rumah Tumbuh ,Tahapan Dan Pengertiannya

7. Solusi Tepat Bangun dan Renovasi Rumah Di Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *